Kajian Stilistika pada Novel Ayat-ayat Cinta Karya
Habiburahman El Shirazy
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Karya sastra merupakan sebuah karya
yang pada hakikatnya dibuat dengan mengedepankan aspek keindahan di samping
keefektifan penyampaian pesan. Aspek keindahan tersebut sengaja dibentuk oleh
pengarang dengan memanfaatkan potensi bahasa yang digali dari kekayaan bahasa
setempat. Aspek keindahan itu juga yang digunakan oleh pengarang agar dapat
memberikan daya tarik kepada suatu karya sastra sehingga mampu memikat
pembacanya. Ciri khas pengarang yang menjadi daya tarik dari suatu karya dapat
dikaji dengan kajian stilistika.
Stilistika merupakan kajian terhadap
wujud performasi kebahasaan atau struktur lahir kebahasaan, khususnya yang
terdapat dalam karya sastra. Studi tentang stile tersebut sebenarnya dapat
digunakan dalam berbagai penggunaan ragam bahasa, tidak dibatasi pada ragam
bahasa sastra saja. Namun, ada kecenderungan analisis stilistika lebih sering
digunakan dalam ragam bahasa sastra yang bertujuan untuk menemukan unsur
keindahan yang terdapat dalam karya sastra yang akan dikaji. Maksudnya analisis
stilistik bertujuan untuk menerangkan sesuatu, pada umumnya dalam karya sastra
untuk menerangkan hubungan antara bahasa dengan fungsi artistik dan maknanya
Analisis stilistik ini menjadi sangat penting, karena dapat memberikan informsasi tentang karakteristik khusus sebuah karya sastra. Untuk memperoleh informasi tentang karakteristik khusus sebuah karya sastra, kita harus menganalisis tanda-tanda stilistika yang ada dalam karya sastra. Tanda-tanda stilistika tersebut dapat berupa unsur fonologi, leksikal, gramatikal, sintaksis, dan penggunanan bahasa figuratif (figurative language), wujud pencitaan (imagery) dalam sebuah karya sastra.
Analisis stilistik ini menjadi sangat penting, karena dapat memberikan informsasi tentang karakteristik khusus sebuah karya sastra. Untuk memperoleh informasi tentang karakteristik khusus sebuah karya sastra, kita harus menganalisis tanda-tanda stilistika yang ada dalam karya sastra. Tanda-tanda stilistika tersebut dapat berupa unsur fonologi, leksikal, gramatikal, sintaksis, dan penggunanan bahasa figuratif (figurative language), wujud pencitaan (imagery) dalam sebuah karya sastra.
Dalam kajian ini, saya berusaha
melakukan anslisis stilistika novel karya Habiburrahman El Shirazy yang
berjudul “Ayat-ayat Cinta” (Gadis Mesir itu Bernama Maria). Analisis stilistika
pada novel “Ayat-ayat Cinta” pada bab ini dimaksudkan untuk menerangkan hubungan
antara bahasa dengan fungsi artistik dan maknanya.
BAB II
KAJIAN TEORI
Stilistika merupakan ilmu yang mempelajari tentang
stile. Stile adalah cara pengucapan bahasa dalam prosa atau bagaimana seorang
pengarang mengungkapkan sesuatu hal yang akan dikemukakan (Abrams lewat
Nurgiyantoro, 1994: 276). Stile atau gaya bahasa merupakan cara ekspresi
kebahasaan oleh pengarang. Pradopo (1994) menyebutkan bahwa gaya bahasa adalah
bagaimana seorang penulis berkata mengenai apapun yang dikatakannya. Dengan
kata lain bahasa merupakan penggunaan bahasa atau cara bertutur secara khusus
untuk mendapatkan efek tertentu, baik efek estetis atau efek puitis.
Analisis stilistika merupakan sebuah metode analisis karya sastra. Analisis karya sastra ini bertujuan untuk menggantikan kritik yang sifatnya subjektif dan impresif dengan analisis stile yang sifatnya obyektif dan ilmiah. Untuk memperoleh bukti-bukti konkret stile pada sebuah karya sastra, harus dikaji tanda-tanda yang terdapat dalam sebuah sruktur lahir suatu karya sastra. Kajian stile dilakukan dengan menganalisis unsur-unsur stile dalam karya sastra untuk mengetahui konstruksi masing-masing unsur untuk mencapai efek keindahan (estetis) dan unsur yang dominan dalam karya sastra tersebut.
Analisis stilistika merupakan sebuah metode analisis karya sastra. Analisis karya sastra ini bertujuan untuk menggantikan kritik yang sifatnya subjektif dan impresif dengan analisis stile yang sifatnya obyektif dan ilmiah. Untuk memperoleh bukti-bukti konkret stile pada sebuah karya sastra, harus dikaji tanda-tanda yang terdapat dalam sebuah sruktur lahir suatu karya sastra. Kajian stile dilakukan dengan menganalisis unsur-unsur stile dalam karya sastra untuk mengetahui konstruksi masing-masing unsur untuk mencapai efek keindahan (estetis) dan unsur yang dominan dalam karya sastra tersebut.
Abrams dalam Nurgiyantoro (1994: 289) mengemukakan
bahwa unsur stile (stylistic feature) terdiri dari unsur fonologi, unsur
sintaksis, unsur leksikal, unsur retorikal (rhetorical berupa karakteristik
penggunaan bahasa figuratif, pencintraan, dan sebagainya). Sementara itu, Leech
dan Short Nurgiyantoro (1994: 289) mengemukakan bahwa unsur stile (stylistics
categories) terdiri dari unsur atau kategori leksikal, gramatikal, figures of
speech, konteks, dan kohesi. Unsur stile dengan menggabungkan pembagian unsur
stile menurut Abrams dan pembagian unsur stile menurut Leech dan Short tanpa
memasukkan unsur fonologis Abrams, karena unsur-unsur tersebut dianggap tidak
banyak memberikan kontribusi dalam stilistika fiksi.
A. UNSUR LEKSIKAL
Unsur leksikal dalam stilistika
fiksi ini mempunyai pengertian yang sama dengan diksi. Diksi merupakan sesuatu
yang mengacu pada pengertian penggunaan kata-kata tertentu yang sengaja dipilih
oleh pengarang dalam karya yang diciptakan. Pemilihan kata-kata tersebut harus
melewati pertimbangan-pertimbangan tertentu yang dimaksudkan untuk mendapatkan
efek estetis (keindahan). Ketepatan kata-kata tersebut dapat dipertimbangkan
dari segi bentuk dan makna atau isi. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui
apakah diksi tersebut mampu mendukung efek estetis dari karya itu sendiri,
mampu mengkomunikasikan makna, pesan, dan gagasan pengarang.
Menurut Chapman lewat Nurgiantoro
(2005: 290), pemilihan kata dapat melalui pertimbangan-pertimbangan formal
tertentu yaitu pertimbangan fonologis, pertimbangan mode, pertimbangan masalah
sintagmatik, pertimbangan masalah paradigmatik, dan identifikasi jenis kata.
Setelah identifikasi selesai dilakukan masing-masing bentuk dan makna yang
muncul dihitung untuk menentukan jumlah frekuensi masing-masing.
Pertimbangan fonologis biasanya terdapat dalam karya sastra yang berwujud puisi. Pertimbangan fonologis digunakan untuk kepentingan aliterasi, irama, dan efek bunyi tertentu. Dalam karya fiksi, unsur fonologi juga dipertimbangkan walaupun tidak seintensif karya sastra yang berbentuk puisi.
Pertimbangan fonologis biasanya terdapat dalam karya sastra yang berwujud puisi. Pertimbangan fonologis digunakan untuk kepentingan aliterasi, irama, dan efek bunyi tertentu. Dalam karya fiksi, unsur fonologi juga dipertimbangkan walaupun tidak seintensif karya sastra yang berbentuk puisi.
Pertimjbangan dari segi mode,
bentuk, dan makna dimaksudkan sebagai media memusatkan atau mengkonsentrasikan
gagasan. Masalah pemusatan gagasan sangat penting, karena hal inilah yang
membedakan bahasa sastra dengan bahasa nonsastra. Penggunaan diksi dalam karya
sastra dapat menggunakan ragam bahasa koloqial (keseharian) selama mampu
mewakili gagasan yang ditawarkan oleh sipengarang.
Pertimbangan sintagmatik mengacu pada hubungan antarkata secara linier untuk membentuk sebuah kalimat. Bentuk-bentuk kalimat yang disusun oleh seorang pengarang, baik berupa kalimat sederhana, kompleks, unik, dan jenis kalimat lainnya akan mempengaruhi kata, khususnya bentuk kata.
Pertimbangan sintagmatik mengacu pada hubungan antarkata secara linier untuk membentuk sebuah kalimat. Bentuk-bentuk kalimat yang disusun oleh seorang pengarang, baik berupa kalimat sederhana, kompleks, unik, dan jenis kalimat lainnya akan mempengaruhi kata, khususnya bentuk kata.
Pertimbangan paradigmatik mengacu
pada diksi atau pilihan kata di antara sejumlah kata yang memilki hubungan
makna. Pengarang harus mampu memilih kata-kata yang konotasinya paling tepat
untuk mengungkapkan gagasan sehingga pengarang mampu mencapai efek yang
diinginkan.
Identifikasi jenis kata sangat diperlukan dalam analisis leksikal sebuah karya fiksi. Kita dapat mengidentifikasi jenis kata dengan menganalisis kata yang dipergunakan sederhana atau kompleks, kata formal atau koloqial, kata yang berkaitan dengan bahasa lain atau tidak, dan kata yang berkaitan dengan arah makna yang dituju. Selain itu, kita juga harus mempertimbangkan jenis kata seperti kata benda, kata kerja, kata sifat, kata bilangan, dan kata tugas yang diikuti oleh pertanyaan-pertanyaan berikutnya yang sesuai dengan jenis kata yang bersangkutan.
Identifikasi jenis kata sangat diperlukan dalam analisis leksikal sebuah karya fiksi. Kita dapat mengidentifikasi jenis kata dengan menganalisis kata yang dipergunakan sederhana atau kompleks, kata formal atau koloqial, kata yang berkaitan dengan bahasa lain atau tidak, dan kata yang berkaitan dengan arah makna yang dituju. Selain itu, kita juga harus mempertimbangkan jenis kata seperti kata benda, kata kerja, kata sifat, kata bilangan, dan kata tugas yang diikuti oleh pertanyaan-pertanyaan berikutnya yang sesuai dengan jenis kata yang bersangkutan.
B. UNSUR GRAMATIKAL
Unsur gramatikal pada kajian stilistika
mengacu pada pengertian struktur kalimat. Menurut Nurgiyantoro (2005: 292),
bahwa dalam kegiatan komunikasi bahasa juga jika dilihat dari kepentingan
stile, kalimat lebih penting dan bermakna dari pada sekedar kata meskipun gaya
kalimat dalam banyak hal juga dipengaruhi oleh pilihan katanya (diksi). Sebuah
gagasan atau amanat yang ingin disampaikan oleh pengarang dapat menggunakan
berbagai kalimat yang berbeda-beda struktur dan kosa katanya. Jadi, penyampaian
isi yang sama dapat diungkapkan dengan bentuk yang berbeda-beda.
Setiap pengarang mempunyai kebebasan
penuh dalam mengkreasikan bahasa. Oleh karena itu, unsur deviasi atau
penyimpangan dalam bahasa sastra menjadi suatu hal yang wajar. Seperti yang
diungkapkan oleh Chapman lewat Nurgiyantoro (2005: 293), secara teoritis jumlah
kata yang berhubungan secara sintagmatik dalam sebuah kalimat tak terbatas,
dapat berapa saja sehingga mungkin panjang sekali. Secara formal tak ada batas
berapa jumlah kata yang seharusnya dalam sebuah kalimat.
Deviasi atau penyimpangan struktur
kalimat dalam karya sastra dapat berupa pembalikan, pemendekan, pengulangan,
penghilangan unsur tertentu, dan lain-lain. Penyimpangan struktur kalimat
dimaksudkan untuk memperoleh kesan estetis dan sebagai sarana utnuk menekankan pesan
tertentu. Menurut Nurgiyantoro (2005: 293), hal seperti di atas dikenal sebagai
pengendapan atau foregrounding yang dianggap oleh sebagian orang sebagai salah
satu bahasa sastra. Kegiatan analisis penyimpangan kalimat, dapat berupa
kompleksitas kalimat, jenis kalimat, jenis klausa, dan frasa.
a). Kompleksitas Kalimat
Kompleksitas kalimat mengacu pada
jenis kalimat sederhana atau kalimat kompleks yang digunakan oleh pengarang
dalam karyanya. Bagaimanakah keadaaan secara keseluruhan? Berapa rata-rata jumlah
kata per kalimat? Bagaimanakah variasi penampilan struktur kalimat sederhana
dan kalimat kompleks yang digunakan? Dalam kalimat kompleks, hubungan apakah
ynag menonjol, koordinatif, subordinatif, ataukah parataksis?
b). Jenis Kalimat
b). Jenis Kalimat
Jenis kalimat dapat berupa kalimat
deklinatif, kalimat imperatif, kalimat interogatif, atau kalimat minor? Jenis
kalimat manakah yang menonjol dan apa fungsinya? Pembedaan jenis kalimat ini
juga dapat berupa kalimat aktif pasif, nominal verbal, langsung tak langsung, dan
sebagainya.
c). Jenis Klausa dan Frasa
Jenis klausa dan frasa dapat mengacu
pada klausa dan frasa apa sajakah yang menonjol, sederhana ataukah kompleks?
Jenis klausa dan frasa dapat diambil yang jumlahnya dominan. Pembatasan
tersebut misalnya, untuk klausa dibatasi pada klausa adverbial, kondisional,
dan temporal.
Dalam analisis struktur kalimat
karya fiksi perlu diperhatikan apakah penggunaan struktur kalimat yang dominan
mempunyai efek tertentu bagi karya yang bersangkutan atau tidak. Apakah
penggunaan struktur kalimat tersebut lebih tepat apabila dibandingkan dengan
struktur kalimat yang lain? Apakah struktur kalimat itu lebih memperjelas makna
ynag ingin disampaikan? Apakah ada penekanan makna dan sebagainya?
C. RETORIKA
Retorika merupakan suatu cara penggunaan
bahasa untuk memperoleh efek estetis. Retorika dapat diperoleh melalui
kreatifitas pengarang dalam mengungkapkan bahasa sebagai media pengarang untuk
menyampaikan gagasan. Sebenarnya, retorika berkaitan dengan pendayagunaan semua
unsur bahasa, baik yang menyangkut masalah pilihan kata dan ungkapan, struktur
kalimat, segmentasi, penyusunan, penggunaan bahasa kias, pemanfaatan bentuk
citraan, dan lain-lain yang semuanya disesuaikan dengan situasi dan tujuan
penuturan.
Menurut Keraf (1980:1), retorika adalah suatu istilah yang secara tradisional diberikan pada suatu cara pemakaian bahasa sebagai seni yang didasarkan pada suatu pengetahuan yang disusun baik. Oleh karena itu retorika harus dipelajari oleh orang-orang yang ingin mrnggunakan bahasa sebaik-baiknya untuk tujuan tertentu baik dalam karya sastra maupun karya nonsastra, pembicaraan formal, dan lain-lain. Retorika sendiri bertujuan menerangkan kaidah-kaidah yang menjadi landasan dari tulisan yang bersifat prosa atau wacana lisan yang berbentuk pidato atau ceramah, untuk mempengaruhi sikap dan perasaan orang. Untuk mencapai tujuan tersebut, retorika dapat menggunakan unsur yang bertalian dengan kaidah-kaidah keefektifan dan keidahan gaya bahasa, misalnya ketepatan pengungkapan, keefektifan struktur kalimat, penggunaan bahasa kiasan yang serasi, penampilan yang sesuai dengan situasi, dan sebagainya. Secara singkat retorika membicarakan dasar-dasar yang fundamental untuk menyusun sebuah wacana baik sastra maupun non sastra yang efektif.
Menurut Abrams lewat Nurgiyantoro (2005: 296), unsur stile yang berwujud retorika meliputi pemakaian bahasa figuratif (figurative language) dan wujud pencitraan (imagery). Bahasa figuratif itu sendiri dapat dibedakan menjadi (1) figures of though atau tropes, dan (2) figures of speech, rhetorical figures, atau schemes.
Menurut Keraf (1980:1), retorika adalah suatu istilah yang secara tradisional diberikan pada suatu cara pemakaian bahasa sebagai seni yang didasarkan pada suatu pengetahuan yang disusun baik. Oleh karena itu retorika harus dipelajari oleh orang-orang yang ingin mrnggunakan bahasa sebaik-baiknya untuk tujuan tertentu baik dalam karya sastra maupun karya nonsastra, pembicaraan formal, dan lain-lain. Retorika sendiri bertujuan menerangkan kaidah-kaidah yang menjadi landasan dari tulisan yang bersifat prosa atau wacana lisan yang berbentuk pidato atau ceramah, untuk mempengaruhi sikap dan perasaan orang. Untuk mencapai tujuan tersebut, retorika dapat menggunakan unsur yang bertalian dengan kaidah-kaidah keefektifan dan keidahan gaya bahasa, misalnya ketepatan pengungkapan, keefektifan struktur kalimat, penggunaan bahasa kiasan yang serasi, penampilan yang sesuai dengan situasi, dan sebagainya. Secara singkat retorika membicarakan dasar-dasar yang fundamental untuk menyusun sebuah wacana baik sastra maupun non sastra yang efektif.
Menurut Abrams lewat Nurgiyantoro (2005: 296), unsur stile yang berwujud retorika meliputi pemakaian bahasa figuratif (figurative language) dan wujud pencitraan (imagery). Bahasa figuratif itu sendiri dapat dibedakan menjadi (1) figures of though atau tropes, dan (2) figures of speech, rhetorical figures, atau schemes.
Figures of thought atau tropes
mengacu pada penggunaan unsur kebahasaan yang menyimpang dari makna harfiah dan
lebih mengacu pada makna literal atau literal meaning. Secara singkat figures
of thought mempersoalkan pemajasan. Sementara itu, figures of speech,
rhetorical figures, atau schemes mengacu pada pengurutan kata, masalah
permainan struktur. Jadi, rhetorical figures di sini menekankan pada cara
penstrukturan atau bisa disebut sebagai cara penyiasatan struktur. Penyiasatan
struktur merupakan suatu warisan retorika klasik yang sering dianggap oleh
orang awam sebagai “satu-satunya” gaya bahasa. Berikut ini merupakan unsur
retorika
1). Pemajasan
Pemajasan merupakan teknik
pengungkapan bahasa, penggayabahasaan, yang maknanya tidak menunjuk pada makna
harfiah kata atau kata yang mendukungnya, melainkan pada makna yang
ditambahkan, makna yang tersirat. Jadi, pemajasan merupakan gaya yang sengaja
memanfaatkan penuturan dengan menggunakan bahasa kias Menurut (Nurgiyantoro,
2005: 296). Dalam pemajasan ini, masih ada hubungan makna antara bentuk harfiah
dengan makna kiasnya. Akan tetapi, hubungan tersebut bersifat tidak langsung
yang membutuhkan penafsiran pembaca. Jadi, penggunaan bahasa dalam kesusastraan
merupakan salah satu bentuk penyimpangan makna.
Berdasarkan langsung tidaknya makna
yang terkandung dalam sebuah kata, frasa, atau klausa. Keraf (1981: 114)
membagi gaya bahasa menjadi dua bagian yaitu gaya langsung atau gaya retoris
(rhetorical figures) dan bahsa kiasan (tropes). Untuk mendapatkan efek estetis
yang diharapkan gaya retoris dan bahasa kiasan tersebut harus tepat dalam
penggunaannya, gaya bahasa tersebut harus mampu mengarahkan interpretasi
pembaca yang kaya dengan asosiasi-asosiasi, di samping juga dapat mendukung
terciptanya suasana dan nada tertentu.
a) Gaya Bahasa Retoris
Gaya bahasa retoris merupakna gaya bahasa yang mengacu
pada makna yang diartikan menurut nilai lahirnya. Oleh karena itu, tidak akan
menemui kesulitan dalam pemakaian selama diksinya tepat. Berikut ini merupakan
bentuk-bentuk dari bahasa retoris
·
Aliterasi
Aliterasi merupakan gaya bahasa yang memakai kata-kata yang dimulai dengan konsonan yang sama. Biasanya digunakan dalam karya sastra berbentuk puisi. Contoh: Takut titik lalu tumpah
Aliterasi merupakan gaya bahasa yang memakai kata-kata yang dimulai dengan konsonan yang sama. Biasanya digunakan dalam karya sastra berbentuk puisi. Contoh: Takut titik lalu tumpah
·
Anastrof
Anastrof merupakan inversi atau pembalikan susunan kata-kata dalam sebuah kalimat, berbeda dari susunan biasa. Pergilah ia meninggalkan kami, keheranan kami melihat perangainya.
Anastrof merupakan inversi atau pembalikan susunan kata-kata dalam sebuah kalimat, berbeda dari susunan biasa. Pergilah ia meninggalkan kami, keheranan kami melihat perangainya.
·
Apostrof
Apostrof merupakan gaya bahasa yang berbentuk sebuah amanat yang disampaikan kepada sesuatu yang tidak hadir. Makna apostrof adalah berpaling atau berputar. Sesuatu yang tidak hadir dimaksudkan kepada mereka yang sudah meninggal, atau kepada barang atau obyek khayalan atau abstrak.
Apostrof merupakan gaya bahasa yang berbentuk sebuah amanat yang disampaikan kepada sesuatu yang tidak hadir. Makna apostrof adalah berpaling atau berputar. Sesuatu yang tidak hadir dimaksudkan kepada mereka yang sudah meninggal, atau kepada barang atau obyek khayalan atau abstrak.
·
Inuendo
Inuendo merupakan sindiran dengan mengecilkan kenyatan yang sebenarnya. Inuendo menyatakan kritik dengan sugesti yang tidak langsung dan sering tampak tidak menyakitkan hati pada mulanya.
Inuendo merupakan sindiran dengan mengecilkan kenyatan yang sebenarnya. Inuendo menyatakan kritik dengan sugesti yang tidak langsung dan sering tampak tidak menyakitkan hati pada mulanya.
·
Perifrasis
Perifrasis merupakan gaya atau acuan untuk menyatakan maksud secara tidak langsung atau dapat dikatakan suatu cara yang abstrak untuk mengungkapkan suatu maksud.
Perifrasis merupakan gaya atau acuan untuk menyatakan maksud secara tidak langsung atau dapat dikatakan suatu cara yang abstrak untuk mengungkapkan suatu maksud.
·
Pleonasme
atau tautologi
Pleonasme atau tautalogi merupakan
acuan yang mempergunakan kata-kata lebih banyak daripada yang diperlukan.
·
Prolepsis
Prolepsis atau antisipasi adalah semacam gaya bahasa di mana orang mempergunakan lebih dahulu kata-kata atau sebuah kata sebelum peristiwa atau gagasan yang sebelumnya terjadi.
Prolepsis atau antisipasi adalah semacam gaya bahasa di mana orang mempergunakan lebih dahulu kata-kata atau sebuah kata sebelum peristiwa atau gagasan yang sebelumnya terjadi.
·
Pertanyaan
retoris
Pertanyaan
retoris adalah semacam pertanyaan yang dipergunakan dalam pembicaraan atau penulisan
dengan tujuan untuk mencapai efek yang baik dan penekanan yang wajar, dan tidak
menghendaki suatu jawaban.
·
Silepsis dan
Zeugma
Silepsis atau zeugna adalah gaya di
mana orang mempergunakan sepatah kata dalam hubungannya dengan dua kata atau
lebih yang disangka sama tapi sebenarnya tidak.
·
Apofais
Apofais merupakan gaya bahasa di mana pengarang menegaskan sesuatu tapi tampak menyangkalnya. Contoh: Jika saya tidak menyadari reputasimu dalam kejujuran, maka sebenarnya saya ingin mengatakan bahwa anda pasti membiarkan anda menipu diri sendiri. Saya tidak mau mengungkapkan dalam forum ini, bahwa saudara telah menggelapkan uang ratusan juta rupiah uang negara.
Apofais merupakan gaya bahasa di mana pengarang menegaskan sesuatu tapi tampak menyangkalnya. Contoh: Jika saya tidak menyadari reputasimu dalam kejujuran, maka sebenarnya saya ingin mengatakan bahwa anda pasti membiarkan anda menipu diri sendiri. Saya tidak mau mengungkapkan dalam forum ini, bahwa saudara telah menggelapkan uang ratusan juta rupiah uang negara.
·
Asindeton
Asindenton merupakan gaya bahasa yang bersifat padat dan mampat di mana beberapa kata yang sederajat berurutan, atau klausa-klausa yang sederajat, tidak dihubungkan dengan kata sambung.
Asindenton merupakan gaya bahasa yang bersifat padat dan mampat di mana beberapa kata yang sederajat berurutan, atau klausa-klausa yang sederajat, tidak dihubungkan dengan kata sambung.
·
Kiasmus
(Chiasmus)
Kiasmus adalah semacam acuan atau
gaya bahasa yang mengandung dua bagian, baik frasa atau klausa, yang sifatnya
berimbang yang dipertentangan satu sama lain, tetapi susunan frasa atau
klausanya itu terbalik bila dibandingkan dengan frasa, klausa, atau lainnya.
·
Elipsis
Elipsis merupakan gaya bahasa dengan menghilangkan satu kata atau lebih yang dengan mudah dapat diisi atau ditafsirkan sendiri oleh pembaca atau pendengar, sehingga struktur gramatikalnya memenuhi pola yang berlaku.
Elipsis merupakan gaya bahasa dengan menghilangkan satu kata atau lebih yang dengan mudah dapat diisi atau ditafsirkan sendiri oleh pembaca atau pendengar, sehingga struktur gramatikalnya memenuhi pola yang berlaku.
·
Eufemismus
Eufemismus merupakan acuan berupa ungkapan-ungkapan yang tidak menyinggung perasaan orang, atau ungkapan-ungkapan yang halus untuk mengantikan acuan-acuan yang mungkin dirasakan menghina, menyinggung perasaan, atau mensugestikan sesuatu yang tidak menyenangkan.
Eufemismus merupakan acuan berupa ungkapan-ungkapan yang tidak menyinggung perasaan orang, atau ungkapan-ungkapan yang halus untuk mengantikan acuan-acuan yang mungkin dirasakan menghina, menyinggung perasaan, atau mensugestikan sesuatu yang tidak menyenangkan.
·
Histeron
Portenon
Histeron
portenon merupakan gaya bahasa kebalikan dari sesuatu yang logis atau kebalikan
dari urutan yang wajar, misalnya menempatkan sesuatu yang terakhir pada awal.
·
Ironi
Ironi atau sindiran merupakan semacam acuan yang ingin mengatakan sesuatu dengan makna atau maksud yang berlainan daripada yang terkandung dalam rangkaian kata-katanya itu.
Ironi atau sindiran merupakan semacam acuan yang ingin mengatakan sesuatu dengan makna atau maksud yang berlainan daripada yang terkandung dalam rangkaian kata-katanya itu.
·
Litotes
Litotes merupakan gaya bahasa yang dipakai untuk menyatakan sesuatu dengan tujuan merendahkan diri.
Litotes merupakan gaya bahasa yang dipakai untuk menyatakan sesuatu dengan tujuan merendahkan diri.
Ø Gaya Bahasa Kiasan
Gaya bahasa
kiasan adalah gaya bahasa yang dilihat dari segi makna dan tidak dapat
ditafsirkan sesuai dengan kata-kata yang membentuknya.
·
Persamaan
atau simile
Persamaan atau simile adalah
perbandingan yang bersifat eksplisit. Perbandingan yang bersifat eksplisit ini
dimaksudkan bahwa ia langsung menyatakan sesuatu yang sama dengan hal yang lain
dan menggunakan kata-kata seperti, sama, sebagai, bagaikan, laksana, dsb.
·
Personifikasi
Personifikasi adalah semacam gaya bahasa kiasan yang menggambarkan benda-benda mati atau barang-barang yang tak bernyawa seolah-olah memiliki sifat-sifat kemanusiaan.
Personifikasi adalah semacam gaya bahasa kiasan yang menggambarkan benda-benda mati atau barang-barang yang tak bernyawa seolah-olah memiliki sifat-sifat kemanusiaan.
·
Alusi
Alusi adalah semacam acuan yang berusaha untuk mensugestikan kesamaan antara orang, tempat, atau, peristiwa. Contoh: Bandung adalah paris jawa.
Alusi adalah semacam acuan yang berusaha untuk mensugestikan kesamaan antara orang, tempat, atau, peristiwa. Contoh: Bandung adalah paris jawa.
·
Metonimia
Metonimia merupakan gaya bahasa yang mempergunakan sebuah kata untuk menyatakan suatu hal lain karena mempunyai pertalian yang sangat erat.
Metonimia merupakan gaya bahasa yang mempergunakan sebuah kata untuk menyatakan suatu hal lain karena mempunyai pertalian yang sangat erat.
·
Metafora
Metafora adalah perbandingan yang tanpa menggunakan kata-kata: bagaikan, seperti, laksana, dsb. Jadi, pokok yang pertama langsung dihubungkan dengan pokok yang kedua. Contoh: pemuda adalah bunga bangsa.
Metafora adalah perbandingan yang tanpa menggunakan kata-kata: bagaikan, seperti, laksana, dsb. Jadi, pokok yang pertama langsung dihubungkan dengan pokok yang kedua. Contoh: pemuda adalah bunga bangsa.
·
Sinekdoke
Sinekdoke merupakan bahasa figuratif yang mempergunakan sebagian dari sesuatu hal untuk menyatakan keseluruhan (pars pro toto) atau mempergunakan keseluruhan untuk menyatakan sebagian (totum pro parte).
Sinekdoke merupakan bahasa figuratif yang mempergunakan sebagian dari sesuatu hal untuk menyatakan keseluruhan (pars pro toto) atau mempergunakan keseluruhan untuk menyatakan sebagian (totum pro parte).
·
Eponim
Eponim adalah suatu gaya di mana seseorang yang namanya begitu sering dihubungkan dengan sifat tertentu, sehingga nama itu dipakai untuk menyatakan sifat itu, misalnya hercules untuk menyatakan kekuatan.
Eponim adalah suatu gaya di mana seseorang yang namanya begitu sering dihubungkan dengan sifat tertentu, sehingga nama itu dipakai untuk menyatakan sifat itu, misalnya hercules untuk menyatakan kekuatan.
·
Epilet
Epilet adalah acuan yang berwujud sebuah frasa deskriptif yang menjelaskan atau menggantikan nama seseorang atau suatu barang. Contoh: lonceng pagi untuk ayam jantan.
Epilet adalah acuan yang berwujud sebuah frasa deskriptif yang menjelaskan atau menggantikan nama seseorang atau suatu barang. Contoh: lonceng pagi untuk ayam jantan.
·
Pun atau
paranomasia
Pun atau paranomasia adalah
permainan kata-kata yang didasarkan pada kemiripan bunyi, tetapi terdapat
perbedaan besar dalam maknanya. Contoh: tanggal dua gigi saya tanggal dua.
·
Hiperbol
Hiperbol merupakan gaya bahasa yang mengandung suatu pernyataan yang berlebihan dengan membesar-besarkan segala sesuatu.
Hiperbol merupakan gaya bahasa yang mengandung suatu pernyataan yang berlebihan dengan membesar-besarkan segala sesuatu.
·
Paradoks
Paradoks merupakan gaya bahasa yang mengandung pertentangan yang nyata dengan fakta-fakta yang ada.
Paradoks merupakan gaya bahasa yang mengandung pertentangan yang nyata dengan fakta-fakta yang ada.
·
Oksimoron
Oksimoron adalah suatu acuan yang berusaha menggabungkan kata-kata untuk mencapai objek yang bertentangan.
Oksimoron adalah suatu acuan yang berusaha menggabungkan kata-kata untuk mencapai objek yang bertentangan.
·
Hipalse
Hipalse merupakan semacam gaya bahasa di mana sebuah kata tertentu digunakan untuk menerangkan sebuah kata yang seharusnya dikenakan pada sebuah kata lain.
Hipalse merupakan semacam gaya bahasa di mana sebuah kata tertentu digunakan untuk menerangkan sebuah kata yang seharusnya dikenakan pada sebuah kata lain.
2). Penyiasatan Struktur
Pencapaian
efek estetis yang diharapkan dipengaruhi oleh bangunan struktur kalimat secara
keseluruhan bukan semata-mata oleh gaya bahasa tertentu. Namun dari keseluruhan
unsur tertentu ada struktur yang menonjol yang mampu menghadirkan kesan yang
berbeda.
Dalam sebuah karya fiksi,
pendayagunaan struktur kalimat pun menghasilkan suatu bentuk stile yang lain.
Pertama menekankan pengungkapkan melalui penyiasatan makna dan yang kedua
melalui penyiasatan struktur. Dalam pencapaian efek retoris, peranan
penyiasatan struktur (rhetorical figures/figure of speech) lebih menonjol dari
pemajasan. Namun keduanya bisa digabungkan untuk memperoleh suatu yang lebih
segar. Dengan demikian, sebuah kalimat penuturan dapat saja mengandung gaya
pemajasan dan gaya penyiasatan struktur. Ada banyak hal yang biasa digunakan
dalam penyiasatan struktur diantaranya repetisi, paralelisme, anafora,
polisindenton, asindenton, antitesis, aliterasi, klimaks, antiklimaks, dan
pertanyaan retoris.
Repetisi dan
anafora adalah dua bentuk gaya pengulangan dengan menampilkan pengulangan kata
atau kelompok kata yang sama. Kata atau kelompok kata yang diulang bisa
terdapat dalam satu kalimat atau lebih dan berada pada posisi awal, tengah,
ataupun akhir. Sementara itu, anafora menampilkan pengulangan kata pada awal beberapa
kalimat yang berurutan.
Di pihak
lain, paralelisme mengacu pada penggunaan bagian-bagian kalimat yang mempunyai
kesamaan struktur gramatikal (dan menduduki fungsi yang sama pula) secara
berurutan. Bentuk-bentuk gramatikal yang paralel dapat berupa struktur kata, frasa,
kalimat, ataupun alinea. Di samping paralelisme, ada gaya lain yang menggunakan
unsur paralelisme dan dimaksudkan untuk menyampaikan gagasan yang bertentangan.
Bentuk gaya bahasa tersebut disebut antitesis.
Bentuk gaya
pengulangan yang lain adalah polisendenton dan asindenton. Polisindenton berupa
penggunaan kata tugas tertentu, misalnya kata “dan”, sedangkan asidenton yaitu
pengulangan yang menggunakan pungtuasi yang berupa tanda koma. Selain itu ada
penggunaan aliterasi, aliterasi adalah penggunaan kata-kata yang sengaja
dipilih karena memiliki kesamaan fonem konsonan, baik yang berada di awal
maupun di tengah kata.
Gaya klimaks
dan antiklimaks bertujuan untuk mengungkapkan dan menekankan gagasan dengan
cara menampilkannya secara berurutan. Pada gaya klimaks, urutan tersebut
menunjukan semakin meningkatnya kadar pentingnya gagasan itu. Sementara itu,
antiklimaks menunjukan semakin merendahnya kadar gagasan tersebut.
Pertanyaan retoris merupakan gaya yang menekankan atau mengungkapkannya dengan menampilkan semacam pertanyaan yang tak menghendaki atau tak membutuhkan jawaban. Pertanyaan retoris dianggap hanya memiliki satu jawaban dan pembaca dianggap telah mengerti apa jawaban dari pertanyaan yang diajukan.
Pertanyaan retoris merupakan gaya yang menekankan atau mengungkapkannya dengan menampilkan semacam pertanyaan yang tak menghendaki atau tak membutuhkan jawaban. Pertanyaan retoris dianggap hanya memiliki satu jawaban dan pembaca dianggap telah mengerti apa jawaban dari pertanyaan yang diajukan.
3). Pencitraan
Dalam dunia kesusastraan dikenal
istilah citra (image) dan pencitraan (imagery) yang keduanya mengacu pada
reproduksi mental. Citra adalah gambaran pengalaman indra yang diungkapkan
lewat kata-kata, gambaran berbagai pengalaman sensoris yang diangkat oleh kata-kata.
Sementara itu, pencitraan merupakan kumpulan citra, the collection of image,
yang dipergunakan untuk melukiskan objek dan kualitas tanggapan indra yang
dipergunakan dalam karya sastra, baik dengan deskripsi secara harfiah maupun
secara kias (Abrams lewat Nurgiyantoro, 2005 : 304). Menurut Pradopo (1987:
79), gambaran-gambaran angan dalam sajak disebut citraan. Citraan tersebut
khususnya di dalam puisi yang bertujuan untuk memberi gambaran yang jelas,
memberi suasana yang khusus, dan membuat lebih hidup gambaran yang diungkapkan
dalam pikiran atau karya tersebut. Selain itu, citraan juga digunakan untuk
menarik perhatiaan pembaca pada karya sastra khususnya puisi. Pencitraan
terdiri dari lima bentuk yaitu citraan penglihatan (visual), pendengaran (auditoris),
gerakan (kinestetik), rabaan (taktik termal), dan penciuman (olfaktori). Akan
tetapi, kelima pencitraan tersebut berbeda intensitas pemanfaatannya dalam
karya sastra.
Bentuk pencitraan dalam karya sastra
tidak mutlak secara harfiah. Akan tetapi bentuk pencitraan yang muncul dalam
karya sastra dapat juga bersifat kiasan, misalnya yang berupa
perbandingan-perbandingan. Dengan demikain, bentuk atau gaya pencitraan dapat
muncul sekaligus lewat kalimat dengan gaya pemajasan, dan keduanya pun dapat bergabung
dalam satu kalimat dengan gaya penyiasatan struktur.
D. KOHESI
Dalam setiap
karya sastra, antara bagian kalimat yang satu dengan bagian yang lain mempunyai
hubungan yang bersifat mengaitkan antar bagian kalimat atau antar kalimat itu.
Antar unsur dalam suatu karya sastra tersebut dihubungkan oleh unsur semantik.
Menurut Halliday dan Hasan via Nurgyiantoro (1994: 306), hubungan semantik
merupakan bentuk hubungan yang esensial dalam kohesi yang mengaitkan
makna-makna dalam sebuah teks. Hubungan kohesi tersebut dapat berupa hubungan
implisit dan eksplisit. Hubungan yang sifatnya eksplisit ditandai dengan kata
hubung atau kata-kata tertentu yang sifatnya menghubungkan. Sementara itu,
hubungan yang sifatnya implisit hanya berupa hubungan kelogisan, hubungan yang
disimpulkan sendiri oleh pembaca (infered connection). Pengungkapan hubungan
secara implisit dan eksplisit tersebut perlu penyiasatan.
Hubungan
antar unsur dalam suatu teks fiksi pada dasarnya merupakan hubungan makna dan
referensi, namun orang cenderung melihatnya dari segi sarana formal sebagai
penanda hubungannya. Hubungan antar unsur dalam karya fiksi dapat diwujudkn
dengan sambungan dan rujuk silang. Sambungan merupakan alat kohesi yang berupa
kata-kata sambung, sedangkan rujuk silang berupa sarana bahasa yang menunjukan
kesamaan makna dengan bagian yang direferensi.
Penanda
kohesi yang berupa sambungan dapat berupa kata tugas seperti dan, kemudian,
sedang, tetapi, namun, melainkan, bahwa, sebab, jika, maka, dsb yang
menghubungkan antar bagian kalimat, sebagai preposisi atau konjungsi. Penanda
kohesi yang menghubungkan antar kalimat biasanya berupa kata atau kelompok kata
yang sama.
Rujuk silang merupakan penyebutan kembali suatu hal yang telah dikemukakan sebelumnya, merupakan sarana pengulangan makna dan referensi. Pengulangan formal adalah bentuk pengulangan paling nyata yang berupa pengulangan kata atau kelompok kata yang sama.
Rujuk silang merupakan penyebutan kembali suatu hal yang telah dikemukakan sebelumnya, merupakan sarana pengulangan makna dan referensi. Pengulangan formal adalah bentuk pengulangan paling nyata yang berupa pengulangan kata atau kelompok kata yang sama.
Menurut
Leech & Short lewat Nurgiyantoro (1994: 307) mengungkapkan bahwa kohesi
mengenal adanya prinsip pengarangan (reduction), yaitu yang memungkinkan kita
utnuk menyingkat apa yang akan disebut kembali. Pengurangan tersebut pada
umumnya dilakukan apabila sesuatu yang dituturkan itu panjang. Bentuk
penyingkatan, pengurangan, atau pergantian yang banyak dipergunakan adalah
berupa pemakaian kata-kata ganti persona seperti kalian, kau sekalian, kami,
kita, dan mereka.
E. NADA
Nada atau
tone, nada pengarang (authorical tone), dalam pengertian yang luas, dapat
diartikal sebagai pendirian atau sikap yang diambil pengarang (tersirat,
implied author) terhadap pembaca dan terhadap sebagian masalah yang dikemukakan
(Leech & Short via Nurgiyantoro, 2005: 284). Nada merupakan ekspresi sikap,
sikap pengarang terhadap masalah yang dikemukakan terhadap pembaca. Dalam
bahasa lisan, nada dapat dikenali melalui intonasi ucapan, misalnya nada rendah
atau lemah lembut, santai, meninggi, sengit, dan sebagainya.
Sementara
itu, dalam bahasa tulis nada akan sangat ditemukan oleh kualitas stile. Oleh
karena itu, Kenny mengemukakan bahwa stile adalah sarana, sedangkan nada adalah
tujuan. Salah satu kontribusi penting dari stile adalah untuk membangkitkan
nada (Kenny via Nurgiyantoro, 1994: 285
BAB III
HASIL KAJIAN DAN PEMBAHASAN
A. UNSUR STILE
·
Unsur
Leksikal
Unsur
leksikal yang dimaksud di sini sama pengertiannya dengan diksi atau pilihan
kata-kata tertentu yang sengaja dipilih oleh pengarangnya. Pemilihan kata
tersebut melalui beberapa pertimbangan formal.
·
Pertimbangan
fonologis
Dalam novel
“Ayat-ayat Cinta” pada bab I “Gadis Mesir itu Bernama Maria”, Habiburrahman El
Shirazy tidak mempertimbangkan aspek atau unsur fonologis. Pertimbangan unsur
fonologis biasanya lebih ditekankan pada karya sastra berbentuk puisi. Dalam
puisi, pertimbangan fonologis digunakan untuk kepentingan aliterasi, irama, dan
efek bunyi tertentu.
·
Pertimbangan
dari segi bentuk, mode, dan makna
Habiburrahman
El Shrazy dalam novel “Ayat-ayat Cinta” pada bab “Gadis Mesir itu Bernama
Maria”, mempertimbangkan segi bentuk, mode, dan makna yang digunakan sebagai
sarana untuk mengkonsentrasikan gagasan. Dalam pengungkapan gagasan,
Habiburrahman El Shirazy menggunakan bahasa koloqial yang dipadukan dengan
bahasa sastra. Bahasa koloqial digunakan untuk mempermudah pemahaman pembaca.
Sementara itu, bahasa sastra digunakan untuk menarik pembaca supaya masuk ke
dalam cerita yang ditawarkan.
Bahasa
koloqial yang digunakan oleh pengarang didominasi dalam bentuk dialog yang
digunakan dalam novel tersebut. Hal tersebut digunakan untuk mempermudah
sampainya maksud pengarang sehingga pembaca juga lebih mudah memahami maksud
yang diinginkan oleh pengarang. Bahasa koloqial tersebut dapat memperlihatkan
keakraban, kekeluargaan, dan kuatnya persaudaraan antartokoh di dalam novel
“Ayat-ayat Cinta” pada bab “Gadis Mesir itu Bernama Maria”. Tampak pada:
“Mas Fahri, udaranya terlalu panas. Cuacanya buruk. Apa tidak sebaiknya istirahat saja di rumah?”, saran Saeful yang baru keluar dari kamar mandi. Darah yang merembes dari hidungnya telah ia bersihkan.”(El Shirazy, 2004: 4)
“Mas Fahri, udaranya terlalu panas. Cuacanya buruk. Apa tidak sebaiknya istirahat saja di rumah?”, saran Saeful yang baru keluar dari kamar mandi. Darah yang merembes dari hidungnya telah ia bersihkan.”(El Shirazy, 2004: 4)
”Sudah bawa air putih, Mas?”(El
Shirazy, 2004: 5)
“Hey, Fahri, panas-panas begini
keluar, mau ke mana?
“Shubra.”
“Talaqqi Al Quran ya?”
“Aku mengganguk.”
“Pulangnya kapan?”
“Jam lima insya Allah.”
“Bisa nitip?”
“Nitip apa?”
“Belikan disket. Dua. Aku malas
sekali keluar.”
“Baik., insya Allah”(El Shirazy,
2004:8)
Dalam
kutipan di atas tampak adanya kedekatan antara Fahri sang tokoh utama dengan
Saeful, penghuni flat yang sama dengan Fahri dan dialog yang ketiga fahri
dengan Mariam yang meminta fahri untuk membelikan sebuah disket. Dalam pergaulan
mereka tampak adanya perhatian dan kasih sayang yang dalam. Pengarang
menyampaikan gagasan tersebut dengan bahasa koloqial. Bahasa koloqial tersebut
menggunakan bahasa Indonesia dan juga bahasa Arab. Habiburrahman El Shirazy
menggunakan bahasa Indonesia dan Arab dalam bentuk bahasa koloqial karena
tokoh-tokoh yang digunakan dalam novel “Ayat-ayat Cinta” khususnya pada bab
“Gadis Mesir itu Bernama Maria” berasal dari Indonesia. Walaupun mereka berlima
belajar di Universitas Al Azhar Mesir. Tokoh-tokoh tersebut bernama Fahri,
Saeful, Rudi, Hamdi, dan Mishbah. Penggunaan bahasa Indonesia tersebut sebagai
salah satu sarana untuk menunjukan pada pembaca bahwa mereka berlima adalah
mahasiswa Indonesia yang sedang mengemban amanahnya untuk belajar di Universitas
Al Azhar Mesir. Dalam kehidupan sehari-hari, mereka tetap menggunakan bahasa
Indonesia sebagai alat komunikasi di antara mereka yang terkadang diselingi
dengan bahasa Arab Fusha yang biasanya digunakan oleh orang Mesir sebagai
bahasa sehari-hari. Penggunaan bahasa Arab Fusha tampak pada:
“Allah yubarik fik, Mas”. (El
Shirazy, 2004: 5)
“Wa iyyakum!”, balasku sambil
memakai kaca mata hitam dan memakai topi menutupi kopiah putih yang telah
menempel di kepalaku.” (El Shirazy, 2004: 5)
“Fahri, istanna suwaya!” (El
Shirazy, 2004: 9)
“Fi eh kaman?” (EL Shirazy, 2004: 9)
“Syukron Fahri.” (El Shirazy, 2004:
9).
Bahasa Arab Fusha yang digunakan
sengaja dipilih oleh pengarang sebagai sarana untuk menunjukan pada pembaca
bahwa latar atau setting cerita dalam novel “Ayat-ayat Cinta” pada bab “Gadis
Mesir itu Bernama Maria” tersebut berada di daerah Mesir dengan bahasa Arab
Fusha sebagai bagai sehari-hari penduduk Mesir. Allah yubarik fik dalam bahasa
Indonesia berarti semoga Allah melimpahkan berkah padama. Wa iyyakum berarti
dan semoga melimpahkan (berkah-Nya) pada kalian semua. Fahri, Istanna suwayya
berati tunggu sebentar. Fi eh kaman berarti ada apa lagi. Sementara Syukron Fahri
berarti terima kasih Fahri.
·
Pilihan kata
berdasarkan masalah sintagmatik
Sintagmatik
berkaitan dengan hubungan antarkata secara linier untuk membentuk sebuah
kalimat. Bentuk-bentuk kalimat yang digunakan oleh Habiburrahman El Shirazy
dalam novel “Ayat-ayat Cinta” khususnya bab “Gadis Mesir itu Bernama Maria”
berupa kalimat sederhana dan lazim digunakan karena Habiburrahman El Shirazy
menggunakan bahasa koloqial. Penggunaan bahasa koloqial tersebut mempermudah
pembaca menelaah isi novel tersebut. Meskipun penggunaan bahasa koloqial
tersebut diselingi dengan penggunaan bahasa Arab fusha, pembaca akan tetap
paham dengan apa yang dimaksudkan oleh pengarang. Hal tersebut terjadi karena
pengarang membubuhkan catatan kaki sebagai terjemahan dari bahasa Arab Fusha
yang digunakan.
“Fahri, istana suwayya!”
“Fi eh kaman?”
“Syukron Fahri”
Terjemahan:
Tunggu sebentar
Ada apa lagi?
Terima kasih (El Shirazy, 2004: 9).
·
Pilihan kata
berdasarkan masalah paradigmatik
Hubungan
Paradigmatik berkaitan dengan pilihan kata di antara sejumlah kata yang
berhubungan secara makna, misalnya dalam kutipan berikut:
“Oh ya, hampir lupa, nanti sore yang piket masak Hamdi. Dia paling suka masak oseng-oseng wortel campur kofta.” (El Shirazy, 2004: 5)
“Oh ya, hampir lupa, nanti sore yang piket masak Hamdi. Dia paling suka masak oseng-oseng wortel campur kofta.” (El Shirazy, 2004: 5)
“Apalagi jika diselingi minum ashir
mangga yang sudah didinginkan satu minggu di dalam kulkas atau makan buah
semangka yang sudah dua hari didinginkan.” (El Shirazy, 2004: 7)
Habiburrahman memilih kata kofta
yang berarti daging yang telah dicincang halus dengan mesin dan ashir yang
berarti juice, karena Habiburrahman menganggap kata-kata berbahasa Arab Fusha
tersebut mempunyai konotasi yang paling tepat untuk menyatakan bahwa mereka
tinggal di dataran Mesir yang kental dengan dialog Arab Fusha. Dari situ
pembaca dapat melihat kebiasaan dan cerminan orang Mesir.
Selain penggunaan bahasa Indonesia dan bahasa Arab Fusha, Habiburrahman El Shirazy menggunakan atau menyisipi bahasa Jawa sebagai sarana penyampaian gagasan. Hal tersebut tampak pada kutipan tersebut:
Selain penggunaan bahasa Indonesia dan bahasa Arab Fusha, Habiburrahman El Shirazy menggunakan atau menyisipi bahasa Jawa sebagai sarana penyampaian gagasan. Hal tersebut tampak pada kutipan tersebut:
“Mahasiswa Asia Tenggara yang tidak
tahan panas, biasanya sudah mimisan, hidungnya mengeluarkan darah.” (El
Shirazy, 2004: 2)
“Sesekali ia kungkum, mendinginkan
badan di kamar mandi.”
(El Shirazy, 2004: 2)
(El Shirazy, 2004: 2)
“Dengan tekad bulat, setelah
mengusir rasa aras-arasen, aku bersiap untuk keluar.” (El Shirazy, 2004: 2)
Penggunaan kata-kata mimisan,
kungkum, dan aras-arasen pada kutipan di atas, digunakan oleh Habiburrahman El
Shirazy dengan alasan bahwa kata-kata berbahasa Jawa tersebut mempunyai
konotasi yang tepat untuk menyatakan bahwa Fahri sang tokoh utama bersal dari
indonesia yaitu orang Jawa.
Dalam novel “Ayat-ayat Cinta” pada bab “Gadis Mesir itu Bernama Maria”, Habiburrahman El Shirazy juga menggunakan istilah islam yang berkaitan dengan pembacaan Al-Qur’an. Hal tersebut tampak pada kutipan berikut:
Dalam novel “Ayat-ayat Cinta” pada bab “Gadis Mesir itu Bernama Maria”, Habiburrahman El Shirazy juga menggunakan istilah islam yang berkaitan dengan pembacaan Al-Qur’an. Hal tersebut tampak pada kutipan berikut:
“Tepat pukul dua siang aku harus
sudah berada di Masjid Abu Bakar Ash- Shidiq yang terletak di Shubra El-Khaima,
ujung utara Cairo, untuk talaqqi pada Syaikh Utsman Abdul Fattah. Pada ulama
besar ini, aku belajar qiraah sab’ah dan ushul tafsir.” (El Shirazy, 2004: 2)
Penggunaan istilah talaqqi, qiraah
sab’ah dan ushul tafsir, memberikan pengertian pada pembaca bahwa Fahri sang
tokoh utama adalah seorang mahasiswa Us’uludin yang hafal Al-Qur-an dan belajar
membaca Al-Qur’an dengan riwayat tujuh imam. Istilah-istilah tersebut
memberikan gambaran siapa dan bagaimana sebenarnya tokoh utama dalam cerita
ini. Adanya istilah-istilah dalam proses pembacaan Al-Qur’an tersebut tidak
menyebabkan pembaca hilang komunikasi dengan pengarang. Justru hal tersebut
memberikan gambaran yang jelas dengan tokoh Fahri. Hal ini disebabkan karena
pengarang memberikan catatan kaki sebagai terjemahan dari istilah-istilah
tersebut. Talaaqi berarti belajar langsung face to face dengan seorang Syaikh
atau ulama. Qiraah sab’ah adalah membaca Al-Qur’an dengan riwayat tujuh imam.
Sementara ushul tafsir adalah ilmu tafsir paling pokok.
Di samping penggunaan
istilah-istilah dalam pembelajaran Al-Qur’an, Habiburrahman El Shirazy juga
menggunakan nama-nama tokoh yang bernuansa islam dan Mesir sebagai sarana
penggambaran bahwa tokoh-tokohnya adalah seorang muslim. Nama-nama tokoh
tersebut mulai dari mahasiswa Indonesia yang berada dalam flat tersebut yaitu
Fahri, Saeful, Misbah, Rudi, dan Hamdi. Nama-nama tersebut adalah nama-nama
yang biasa dipakai oleh orang Indonesia untuk seorang muslim. Selain itu
pengarang juga menggunakan nama-nama para ulama yang sangat diagungkan dalam
islam. Nama-nama tersebut seperti Syaikh Utsman Abdul Fattah, dan Syaikhul
Maqari Wal Huffadh Fi Mashr. Hal tersebut menunjukkan bahwa, tokoh utama kita
Fahri memang belajar di Mesir yang memiliki guru/ dalam islam biasa disebut
Ustad yang berasal dari Mesir.
Dilihat dari segi nama, Pembaca
dapat masuk dalam suasana yang ditawarkan oleh penulis. Selain itu, dalam bab
‘Gadis Mesir itu Bernama Maria’ Habiburrahman memunculkan nama Maria seorang
gadis kristen koptik dari keluarga Tuan Boutros Rafael Girgis. Kedua nama
tersebut menunjukkan bahwa Maria dan Tuan Boutros merupakan pengikut kristen
koptik yang berdarah Mesir. Hal itu juga dapat dilihat dari nama belakang Tuan
Boutros yaitu Girgis. Habiburrahman juga sangat pendai dalam mendeskripsikan
tempat dan keadaan sehingga pembaca pembaca benar-benar merasa masuk ke dalam
negeri Mesir sebagai setting yang ditawarkan oleh pengarang. Pembaca
benar-benar merasakan bagaimana kondisi Mesir dan seolah-olah melihat serta
merasakan sendiri. Hal tersebut tampak pada:
“Tengah hari ini, kota Cairo seakan
membara. Matahari berpijar di tengah petala langit. Seumpama lidah api yang
menjulur dan menjilat-jilat bumi. Tanah dan pasir seakan menguakan bau meraka.
Hembusan angin sahara disertai debu yang bergulung-gulung menambah panas udara
semakin tinggi dari detik ke detik. Penduduknya, banyak yang berlindung dalam
flat yang ada dalam apartemen-apartemen berbentuk kubus dengan pintu, jendela,
dan tirai tertutup rapat” (El Shirazy, 2004: 1)
“Tepat pukul dua siang aku harus
sudah berada di masjid Abu Bakar Ash Shiddik yang terletak di Shubra El-Khaima,
ujung utara Cairo, untuk talaqqi pada Syaikh Utsman Abdul Fattah (El Shirazy
2004:2)
Selain penggunaan empat pertimbangan
formal di atas, dalam analisis leksikal sebuah karya fiksi dapat dilakukan
berdasarkan tinjauan secara umum dan jenis kata. Dalam novel “Ayat-Ayat Cinta”
(Gadis Mesir itu Bernama Maria), Habiburrahman menggunakan kata-kata yang
sederhana dari ragam bahasa kolokial. Selain itu, Habiburrahman juga
menggunakan kata-kata berbahasa Arab Fusha yang kadarnya cukup banyak. Arah
makna yang ditunjuk bersifat referensial karena mengacu pada hal yang dituju
dan bersifat denotasi karena menggunakan bahasa yang bermakna sesungguhnya
berupa ragam bahasa koloqial.
Analisis unsur leksikal selanjuntnya
adalah berdasarkan jenis kata. Dalam novel “Ayat-ayat Cinta” bab I “Gadis Mesir
itu Bernama Maria” dipakai kata benda sederhana yang sifatnya kongkret. Hal ini
dikarenakan kata benda yang digunakan menunjuk pada benda, makhluk, atau
manusia. Kata kerja yang digunakan berupa kata kerja kompleks karena terdiri
dari kata kerja transitif dan kata kerja intransitif. Kata keja transitif dan
intransitif tersebut mengacu pada tindakan, pernyataan, atau peristiwa. Dalam
novel “Ayat-ayat Cinta” khususnya pada bab “Gadis Mesir itu Bernama Maria”,
Habiburrahman El Shirazy sedikit menggunakan kata sifat dan kata bilangan. Di
sisi lain, penggunaan kata tugas cukup mendominasi. Kata-kata tersebut
meliputi: sebagaimana, lalu, dan, atau, hanya, sementara, apalagi, tapi,
ketika, saat, serta lalu.
Maria lalu melantunkan surat Maryam
yang ia hafal,. Anehnya ia terlebih dahulu membaca ta’awudz. Dan basmalah. Ia
tahu adab dan tata cara membaca alquran . jadilah dalam perjalanan dari
mahattah anwar sadat tahrie samapi tura el-esmen kuhabiskan untuk menyimak
seorang maria membaca surat Maryam dari awal samapi akhir…(El Shirazy 2004:11)
Untuk lebih jelasnya, tabel
identifikasi jenis kata dan frekuensi munculnya berbagai jenis kata tersebut terdapat
pada halaman lampiran.
B. UNSUR GRAMATIKAL
Unsur
gramatikal merupakan unsur yang menyaran pada pengertian struktur kalimat.
Dilihat dari kepentingan stile, kalimat lebih penting dan bermakna daripada
sekedar kata, walau kegayaan kalimat banyak dipengaruhi oleh pilihan kata.
Kegiatan analisis unsur gramatikal dapat dilakukan dengan berbagai metode.
Metode yang digunakan yaitu kompleksitas kalimat, jenis kalimat, dan jenis kata
serta frasa.
1). Kompleksitas Kalimat
1). Kompleksitas Kalimat
Pada novel
“Ayat-ayat Cinta” pada bab “Gadis Mesir itu Bernama Maria”, menggunakan kalimat
sederhana yang didominasi oleh kalimat kompleks yang mudah dipahami. Kalimat
kompleks tersebut mudah dipahami karena pengarang menggunakan bahasa koloqial
dalam pengungkapan gagasan. Kompleksitas kalimat tampak pada penggunaan kalimat
yang panjang-panjang, dan didominasi oleh tipe kalimat majemuk koordinatif dan
kalimat mejemuk subordinatif. Kesederhanaan kalimat tampak pada:
“Sudah bawa air putih, mas? (El
Shirazy, 2004: )
“Aku mengangguk.” (El Shirazy, 2004:
5)
Aku membalikkan badan dan
melangkah(El Shirazy, 2004: 5)
Uangnya” (El Shirazy, 2004: 9)
Benarkah?” (El Shirazy, 2004: 9)
Aku diam tidak menjawab” (El
Shirazy, 2004: 11)
Kompleksitas kalimat tampak pada kutipan
berikut ini:
“Memang, istirahat di dalam flat
sambil menghidupkan pendingin ruangan jauh lebih nyaman daripada berjalan ke
luar rumah, meski sekadar untuk sholat berjama’ah di masjid.” (El Shirazy,
2004: 1)
“Ia tidak kenal kesah, tetap teguh
berdiri seperti yang dititahkan Tuhan sambil bertasbih siang dan malam atau
seperti matahari yang telah jutaan tahun membakar tubuhnya untuk memberikan
penerangan ke bumi dan seantero maya pada”. (El Shirazy, 2004: 1-2)
“Penduduknya, banyak yang berlindung
dalam flat yang ada dalam apartemen-apartemen berbentuk kubus dengan pintu,
jendela, dan tirai tertutup rapat.” (El Shirazy, 2004: 2)
“juga keterangan bahwa pendapat
Maria yang mengatakan huruf-huruf itu tak lain adalah rumus-rumus Tuhan Yang
Maha dahsyat maknanya, dan hanya Tuhan yang tahu persis maknanya, ternyata
merupakan pendapat yang dicenderungi mayoritas ulama tafsir.” (El Shirazy,
2004: 13)
“Ia sangat mengaguminya, meskipun ia
tidak pernah mengaku muslimah.” (El Shirazy, 2004: 12)
Mungkin, sejak azan berkumandang
Mariyam telah membuka daun jendela keyunya. Dari balik kaca ia melihat ke
bawah. Dari balik kaca menunggu aku keluar. Begitu aku tampak keluar menuju
halaman apartemen, ia membuka jendekla kacanya , dan memanggil dengan suara
setengah berbisik… (El Shirazy, 2004: 14)
Kompleksitas kalimat juga dapat
terlihat melalui jumlah kata yang digunakan dalam setiap kalimat. Namun dari
sekian paragraf yang muncul kekompleksitasan kalimat dibangun dengan indah.
Pembaca dibuat tidak bingung karena alur cerita yang ringan dan pilihan kata
yang koloqial. Jadi, Kompleksitas kalimat tidak mempersulit pembaca untuk
memahami isi cerita khusunya pada bab I ini.
2). Jenis Kalimat
Dalam novel “Ayat-ayat Cinta”
khususnya pada bab “Gadis Mesir itu Bernama Maria”, Habiburrahman El Shirazy
menggunakan jenis kalimat yang bervariasi. Jenis kalimat tersebut adalah
kalimat deklaratif, kalimat imperatif, kalimat introgatif, dan kalimat minor.
a). Kalimat Deklaratif (kalimat
pernyataan)
Kalimat deklaratif tampak pada:
“Tengah hari ini, kota Cairo seakan
membara.” (El Shirazy, 2004: 1)
“Awal-awal agustus memang puncak
musim panas.” (El Shirazy, 2004: 1)
Awal-awal Agustus memang puncak
musim panas. (El Shirazy, 2004: 2)
Angin sahara kembali menerpa
wajahku. Aku melangkah keluar lalu menuruni tangga satu per satu . (El Shirazy,
2004: 8)
b). Kalimat Imperatif (kalimat
perintah atau larangan)
Kalimat imperatif tampak pada:
“Terus tolong nanti bilang sama dia
untuk beli gula dan minyak goreng.” (El Shirazy, 2004: 5)
c). Kalimat Introgatif (kalimat
pertanyaan)
Kalimat Introgatif tampak pada:
“Hei Fahri, panas-panas begini
keluar, mau ke mana?” (El Shirazy, 2004:
8)
Pulangnya kapan? (El Shirazy, 2004:
8)
Nitip apa ya? (El Shirazy, 2004: 8)
“Apa bedanya Maria dan Maryam?” (El
Shirazy, 2004: 10)
“Kau juga suka menghafal Al-Qur’an?
Apa aku tidak salah dengar?, kataku.” (El Shirazy, 2004: 11)
“Apa tidak sebaiknya istirahat saja
di rumah?” (El Shirazy, 2004: 4)
d). Kalimat Minor (kalimat yang fungtor-fungtornya
tidak lengkap)
Kalimat Minor tampak pada:
“wuss!” (El Shirazy, 2004: 8)
“Psst...psst...Fahri!Fahri!” (El
Shirazy, 2004: 4)
Jenis kalimat yang menonjol dalam
novel “Ayat-ayat Cinta” khususnya pada bab “Gadis Mesir itu Bernama Maria”
karya habiburrahman El Shirazy adalah kalimat deklaratif. Hal ini disebabkan
karena pengarang adalah pencerita yang baik sehingga dalam narasinya sering
keluar kalimat deklaratif. Hal ini menunujukan bahwa pada novel ini pengarang
menarasikan cerita begitu apik namun tak jarang muncul dialog-dialog antara
tokoh utama dengan tokoh yang lain. Selain itu, pengarang mencoba
mendeskripsikan latar untuk lebih mengenalkan kepada pembaca masuk dalam dunia
yang diceritakannya (baca: kota mesir). Bab I ini begitu mengalir menceritakan
bagamanan kondisi kota mesir yang panas dan mencapai suhu yang berlipat
disbanding Negara Indonesia. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada lampiran.
C. RETORIKA
a) Pemajasan
1. Personifikasi, seperti tampak
pada:
“Panas membara dan badai debu
menggulung gulung di luar sana.”
(El Shirazy, 2004:3)
(El Shirazy, 2004:3)
“Tanah dan pasir seakan menguapkan
bau neraka.“(El Shirazy, 2004:1)
“Hembusan angin sahara disertai debu
yang bergulung-gulung menambah panas udara semakin tinggi dari detik ke
detik.”(El Shirazy, 2004:1)
“Debu bergumpal-gumpal bercampur
pasir menari-nari dimana-mana.”
(El Shirazy, 2004:4)
(El Shirazy, 2004:4)
“Angin sahara menampar mukaku dengan
kasar.” (El Shirazy, 2004:4)
“Angin sahara terdengar mendesau-desau.”
(El Shirazy, 2004:4)
2. Hiperbola seperti tampak pada:
“Kota Cairo seakan membara.”(El
Shirazy, 2004:1)
3. Perumpamaan seperti tampak pada:
“Seumpama lidah api yang menjulur
dan menjilat-jilat bumi.”
(El Shirazy, 2004:1)
(El Shirazy, 2004:1)
4. Penyiasatan Struktur
a. Paralelisme
Tampak pada kutipan berikut ini:
“...lidah api yang menjulur dan
menjilat-jilat bumi.”
(El Shirazy, 2004:1)
(El Shirazy, 2004:1)
“Panggilan adzan Zhuhur dari ribuan
menara yang bertebaran di seantero kota hanya mampu menggugah dan menggerakkan
hati mereka yang benar-benar tebal imannya.” (El Shirazy, 2004:1)
“ Mereka yang memiliki tekad
beribadah sempurna mungkin dalam segala musim dan cuaca.” (El Shirazy, 2004: 1)
“Keras dan kacau”. (El Shirazy,
2004:4)
“Aku harus jeli memperhatikan
kebutuhan dan kesejahteraan anggota.” (El Shirazy, 2004:5)
“...jika tidak diatur dengan bijak dan
baik.” (El Shirazy, 2004:6)
“Semua punya hak dan kewajiban yang sama.” (El Shirazy, 2004: 6)
“Inilah yang membuatku menganggap
Maria adalah gadis aneh dan misterius.” (El Shirazy, 2004: 14)
b. Anafora, tampak pada:
“Meskipun panas membara dan badai
debu bergulung-gulung di luar sana. Meskipun jarak yang ditempuh kira-kira kima
puluh kolometer jauhnya”. (El Shirazy, 2004: 3)
c. Parasendenton tampak pada:
“Padahal rumah beliau dari masjid
tak kurang dari dua kilo” tukasku sambil bergegas masuk kamar kembali,
mengambil topi, dan kaca mata hitam.” (El Shirazy, 2004:5)
“Terus tolong nanti bilang sama dia
untuk beli gula, dan minyak goreng/” (El Shirazy, 2004:5)
“Kebetulan wortel dan koftanya
habis.”(El Shirazy, 2004:5)
“Hari ini, kebetulan yang ada di
flat hanya tiga orang, yaitu aku, Saiful, dan Rudi.” (El Shirazy, 2004:6)
d. Asandenton seperti tampak pada:
“Dalam flat ini kami hidup berlima,
aku, Saiful, Rudi, Hamdi, Misbach.”(El Shirazy, 2004: 5)
“Membaca bahan untuk tesis, talaqqi
qiraah sab’ah, menerjemah, dan diskusi intern dengan teman-teman mahasiswa
Indonesia yang sedang menempih S2 dan S3 di Kairo. Urusan-urusan kecil seperti
belanja, memasak, membuang sampah...” (El Shirazy, 2004: 6)
e. Repetisi, tampak pada:
“Saling mencintai, mengasihi,dan mengerti.
“ (El Shirazy, 2004:6)
“Ah, kalau tidak ingat bahwa kelak
akan ada hari yang lebih panas dari hari ini dan lebih gawat dari hari ini.
Hari ketika manusia digiring di padang Mashar dengan matahari hanya satu
jengkal di atas ubun-ubun kepala. Kalau tidak ingat, bahwa keberadaanku di kota
seribu menara ini adalah amanat. Dan amanat akan dipertanggung jawabkan dengan
pasti. Kalau tidak ingat, bahwa masa mudayang sedenga aku jalani ini akan
dipertanggungjawabkan kelak. Kalau tak ingat, bahwa tidak semua orang diberi
nikmat belajar di bumi para nabi ini. Kalau tidak ingat, bahwa aku belajar
disini dengan menjual satu-satunya sawah warisan kakek. Kalau tidak ingat,
bahwa aku dilepas dengan linangan air mata, dan selaksa doa dari ibu, ayah, dan
sanak saudara. Kalau tak ingat, bahwa jadwal adalah janji yang harus ditepati.”
(El Shirazy, 2004:7)
f. Paradoks, tampak pada:
“Maria suka pada Al-qur’an. Ia
sangatm mengaguminya, meskipun is tak pernah mengaku muslimah. Penghormatannya
pada Al-qur’an mungkin melebihi intelektual muslim.”(El Shirazy, 2004:12)
“...ia paling suka dengar suara
adzan, tapi pergi ke gereja tak pernah ia tinggalkan.” (El Shirazy, 2004:12)
“Aku saja yang koptik bisa merasakan
betapa indahnya Al-qur’an dengan Alif lam mim-nya.” (El Shirazy, 2004: 13)
b) Pencitraan
Dalam novel “Ayat-Ayat Cinta”
khususnya pada bab (Gadis Mesir itu Bernama Maria) terdapat beberapa
pencitraan, di antaranya:
1). Citraan Visual atau Penglihatan
“Tengah hari ini, kota Kairo seakan membara.”
(El Shirazy, 2004:1)
“Matahari berpijar di tengah petala langit.” (El Shirazy, 2004:1)
“Penduduknya, banyak yang berlindung dalam flat yang ada dalam apartemen-apartemen berbentuk kubus dengan pintu, jendela, dan tirai tertutup rapat.” (El Shirazy, 2004:1)
“Matahari berpijar di tengah petala langit.” (El Shirazy, 2004:1)
“Penduduknya, banyak yang berlindung dalam flat yang ada dalam apartemen-apartemen berbentuk kubus dengan pintu, jendela, dan tirai tertutup rapat.” (El Shirazy, 2004:1)
“Panggilan adzan Zhuhur dari ribuan
menara yang bertebaran di seantero kota hanya mampu menggugah dan menggerakkan
hati mereka yang benar-benar tebal imannya.” (El Shirazy, 2004:1)
“...seperti karang yang tegak
berdiri dalam terjangan ombak, terpaan badai, dan sengatan matahari.” (El
Shirazy, 2004:1)
“Atau seperti matahari yang telah
jutaan membakar tubuhnya untuk memberikan penerangan ke bumi dan seantero mayapada.” (El Shirazy, 2004: 2)
“...meskipun panas membara dan debu
bergulung-gulung di luar sana.” (El Shirazy, 2004: 3)
“Hari ketika manusia digiring di
padang Mashar dengan matahari hanya satu jengkal di atas ubun-ubun kepala.” (El
Shirazy, 2004:7)
“Sampai di halaman apartemen,
jilatan panas api seakan menembus topi hitam dan kopiah putih yang menempel di
kepalaku.” (El Shirazy, 2004:8)
“Matanya yang bening menatapku penuh
binar.”(El Shirazy, 2004: 8)
“Seandainya tidak memakai kacamata
hitam, sinarnya yang benderang akan terasa perih menyilaukan mata.” (El
Shirazy, 2004: 8)
2). Citraan Auditoris atau
Pendengaran
“Panggilan adzan Zhuhur dari ribuan
menara yang bertebaran di seantero kota hanya mampu menggugah dan menggerakkan
hati mereka yang benar-benar tebal imannya.” (El Shirazy, 2004:1)
“Ia tidak pernah mengeluh, tiada
pernah mengerang sedetik pun menjalankan titah Tuhan.” (El Shirazy, 2004:2)
“Angin sahara terdengar mendesau-desau.”
(El Shirazy, 2004:4)
“Mungkin sejak adzan berkumandang
Maria telah membuka daun jendela kayunya.”(El Shirazy, 2004: 14)
3). Citraan Gerak (Kinestetis)
“Seumpama lidah api yang menjulur
dan menjilat-jilat bumi.”
(El Shirazy, 2004:1)
(El Shirazy, 2004:1)
“Hembusan angin sahara disertai debu
yang bergulung-gulung menambah panas udara semakin tinggi dari detik ke detik.”
(El Shirazy, 2004:1)
“...darah selalu merembes dari hidungnya.” (El Shirazy, 2004:2)
“Panas disertai gulungan debu
berterbangan.” (El Shirazy, 2004:4)
“Angin sahara menampar mukaku dengan
kasar.”(El Shirazy, 2004: 4)
“Debu bergumpal-gumpal bercampur pasir menari-nari dimana-mana.”(El Shirazy, 2004:4)
“Debu bergumpal-gumpal bercampur pasir menari-nari dimana-mana.”(El Shirazy, 2004:4)
“Darah yang merembes dari hidungnya
telah ia bersihkan.”
(El Shirazy, 2004: 4)
(El Shirazy, 2004: 4)
“Hari ketika manusia digiring di
padang Mashar dengan matahari hanya satu jengkal di atas ubun-ubun kepala.” (El
Shirazy, 2004:7)
“Kalau tidak ingat aku dilepas
dengan linangan air mata dan selaksa doa dari ibu, ayah, dan sanak saudara.”
(El Shirazy, 2004:7)
“Wuss!, angin sahara kembali menerpa
wajahku.” (El Shirazy, 2004: 8)
“Sampai di halaman apartemen,
jilatan panas api seakan menembus topi hitam dan kopiah putih yang menempel di
kepalaku.” (El Shirazy, 2004:8)
“Kulangkahkan kaki ke jalan.
“Psst...psst...Fahri! fahri!” (El
Shirazy, 2004: 8)
4). Citraan Penciuman
“Tanah dan pasir seakan menguapkan
bau neraka.” (El Shirazy, 2004:1)
Pada novel
“Ayat-ayat Cinta” pada bab I (Gadis Mesir itu Bernama Maria), karya Habiburrahman
El Shirazy terdapat banyak citraan yang mampu membawa pembaca lebih larut dalam
cerita yang ditawarkan. Citraan-citraan tersebut meliputi citraan visual,
citraan, gerak, citraan penciuman, dan citraan pendengaran. Citraan visual,
gerak, dan pendengaran lebih mendominasi dibandingkan dengan citraan penciuman.
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel frekuensi kemunculan.
5. TONE
Tone atau
nada dalam Novel “Ayat-ayat Cinta” khususnya pada bab “Gadis Mesir itu Bernama
Maria”, Habiburrahman El shirazy digunakan sebagai sarana untuk menyiratkan
perasaan misalnya nada yang bersifat intim, santai, simpatik, romantis,
mengharukan, sentimental, kasar, dan sinis. Pemilihan bentuk ungkapan tertentu
dalam suasana cerita yang tertentu akan membangkitkan nada yang tertentu pula.
Hal ini dikarenakan bab “Gadis Mesir itu Bernama Maria” merupakan bab pertama
dari novel “Ayat-ayat Cinta” sehingga bab tersebut masih dalam tahap pengenalan
para tokoh. Berikut ini beberapa contoh nada yang bersifat santai:
“Mas Fahri, udaranya terlalu panas.
Cuacanya buruk. Apa tidak sebaiknya istirahat saja di rumah? Saran Saeful yang
baru keluar dari kamar mandi. Darah yang merembes dari hidungnya telah ia bersihkan.”
(El Shirazy, 2004: 4)
(El Shirazy, 2004: 4)
“Hei namamu Fahri, iya kan?
“Benar”
“Kau pasti tahu namaku, iya kan?”. (El
Shirazy, 2004: 10)
“Hei Fahri, panas-panas begini keluar, mau ke mana?”
“Hei Fahri, panas-panas begini keluar, mau ke mana?”
“Shubra.”
“Talaqqi Al Qur’an ya?”
Aku mengangguk.” (El Shirazy, 2004:
8)
6. KOHESI
Kohesi merupakan suatu cara untuk
mengungkapkan gagasan yang utuh, tiap bagian kalimat, tiap kalimat, tiap alinea
yang dimaksudkan untuk mendukung gagasan yang dihubungkan antara satu dengan
yanng lainnya. Pengungkapan tersebut dilakukan baik secara ekslusif, inklusif,
maupun keduanya secara bersamaan atau bergantian. Penanda kohesi yang berupa
sambungan dalam bahasa ada banyak sekali dan berbeda-beda fungsinya. Penanda
kohesi ini berupa kata tugas seperti: dan, kemudian, sedang, tetapi, namun,
melainkan, bahwa, dan lain-lain. Di bawah ini merupakan contoh penanda kohesi
yang berupa sambungan dalam bahasa Indonesia.
“ Memang, istirahat di dalam flat sambil menghidupkan pendingin ruangan jauh lebih nyaman daripada berjalan keluar rumah, meski sekedar untuk shalat berjamaah di masjid”. (El Shirazy, 2004: 1)
“ Memang, istirahat di dalam flat sambil menghidupkan pendingin ruangan jauh lebih nyaman daripada berjalan keluar rumah, meski sekedar untuk shalat berjamaah di masjid”. (El Shirazy, 2004: 1)
“Panggilan adzan Zhuhur dari ribuan
menara yang bertebaran di seantero kota hanya mampu menggugah dan menggerakkan
hati mereka yang benar-benar tebal imannya.” (El Shirazy, 2004:1)
“ Dengan tekad bulat, setelah
mengusir segala rasa aras-arasen aku bersiap untuk keluar”. (El Shiorazy, 2004:
2)
“ Sangat tidak enak jika aku absen
hanya karena alasan panasnya suhu udara”. (El Shirazy, 2004: 3)
“Tahun ini setelah melalui ujian
kelat beliau hanya menerima sepuluh orang murid”. (El Shirazy, 2004: 3)
Selain kohesi yang menggunakan
penghubung antarkata berupa kata tugas terdapat jyga kohesi yang menghubungkan
kata preposisi dan konjungsi. Hal tersebut tampak pada:
“ Tiga hari ini, memasuki pukul
sebelas siang sampai pukul tujuh petang, darah selalu merembes dari hidungnya.
Padahal ia tidak keluar flat sama sekali”. (El Shirazy, 2004: 2)
“ Sangat tidak enak jika aku absen
hanya karena alasan panasnya suhu udara. Sebab beliau tidak sembarang meneria
murid untuk talaqqi qiraah sab’ah”.
(El Shirazy, 2004: 3)
(El Shirazy, 2004: 3)
“ Aku termasuk sepuluh orang yang
beruntung itu. Lebih beruntung lagi, beliau sangat mengenalku. Itu karena sejak
tahun pertama kuliah aku sudah menyetorkan hafalan Al-qur’an pada beliau di
serambi masjid Al Azhar, juga karena aku di antara sepuluh orang yang terpilih
itu ternyata hanya diriku seorang yang bukan orang Mesir.”(El Shirazy, 2004: 3)
BAB IV
KESIMPULAN
Kajian stilistik novel “Ayat-ayat
Cinta” pada bab “Gadis Mesir itu Bernama Maria” karya Habiburrahman El Shirazy
mampu menerangkan hubungan antarbahasa dengan fungsi artistik dan maknanya.
Unsur stile yang terdapat dalam kajian stilistik novel “Ayat-ayat Cinta” pada
bab I ini karya Habiburrahman El Shirazy meliputi unsur leksikal, unsur
gramatikal, aspek retorikal, aspek nada, dan aspek kohesi,
Dalam novel “Ayat-ayat Cinta” khususnya bab “Gadis Mesir itu Bernama Maria” karya Habiburrahman El Shirazy menggunakan ragam bahasa koloqial yang dipadukan dengan bahasa sastra sebagai sarana penciptaan efek estetis.
Dalam novel “Ayat-ayat Cinta” khususnya bab “Gadis Mesir itu Bernama Maria” karya Habiburrahman El Shirazy menggunakan ragam bahasa koloqial yang dipadukan dengan bahasa sastra sebagai sarana penciptaan efek estetis.
Unsur leksikal pada novel “Ayat-ayat
Cinta” khususnya pada bab “Gadis Mesir itu Bernama Maria” menggunakan kata-kata
koloqial berbahasa Indonesia yang dipadukan dengan bahasa Arab Fusha. Bahasa
Arab Fusha mampu menggambarkan latar terjadinya cerita pada pembaca yaitu di
Mesir. Dalam unsur gramatikal, Habiburrahman El Shirazy lebih dominan
menggunakan kalimat deklaratif. Hal ini tampak pada paragraf-paragraf yang
terjalin pada bab I ini. Pengarang mendeskripsikan cerita dalam bentuk kalimat
deklaratif (pernyataan).
Unsur lain yang mendukung pencapaian efek estetis yaitu penyiasatan struktur. Dalam pencapaian kesan estetis tersebut pemakaian unsur penyiasatan struktur dan pemajasan cukup mendominasi. Selain itu, unsur kohesi sangat mempengaruhi terbentuknya bangunan struktur yang baik untuk mendukung gagasan baik secara eksplisit maupun implisit. Kesemuanya itu dilengkapi dengan aspek nada yang bersifat santai membuat pembaca merasa nyaman membaca novel tersebut dengan gaya penceritaan habiburrahman El Shirazy.
Unsur lain yang mendukung pencapaian efek estetis yaitu penyiasatan struktur. Dalam pencapaian kesan estetis tersebut pemakaian unsur penyiasatan struktur dan pemajasan cukup mendominasi. Selain itu, unsur kohesi sangat mempengaruhi terbentuknya bangunan struktur yang baik untuk mendukung gagasan baik secara eksplisit maupun implisit. Kesemuanya itu dilengkapi dengan aspek nada yang bersifat santai membuat pembaca merasa nyaman membaca novel tersebut dengan gaya penceritaan habiburrahman El Shirazy.
Jadi, dari kajian ini cukup bisa
ditarik kesimpulan bahwa pengarang mampu menciptakan aspek keindahan dan
menghantarkan pembaca untuk menikmati bab berikutnya. Bab I adalah awal dari
semuanya dan hal yang paling menarik dari bab ini adalah pembaca diajak untuk
menikmati bab selanjutnya. Hal ini lah yang menarik dari novel ayat- ayat cinta
karya Habiburrahman El Shirazy.
DAFTAR PUSTAKA
El Shirazy, Habiburrahman. 2004.
Ayat-ayat Cinta. Jakarta: Grasindo.
Keraf, Gorys. 1981. Diksi dan Gaya
Bahasa. Jakarta: Nusa Indah.
¬___________. 1984. Tata Bahasa Indonesia.
Jakarta: Nusa Indah
Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Teori
Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada Univesity Press.
Pradopo, Rachmat Djoko. 1987.
Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar